Sunday 1 January 2017

TIPS MERAWAT SEPEDA MTB

TIPS MERAWAT SEPEDA MTB on zakkialghoyami.blogspot.com

Saat ini, bersepeda bukan saja menjadi olahraga, namun juga sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Bersepeda, selain memerlukan kondisi fisik yang bugar, juga harus didukung oleh kondisi sepeda yang prima, agar kegiatan bersepeda ini dapat menghasilkan keuntungan bagi kesehatan tubuh secara maksimal.

Kondisi sepeda tergantung dengan bagaimana perawatan yang dilakukan. Bukan tidak mungkin, perawatan yang kurang baik, dapat membuat performa sepeda menjadi kurang baik, bahkan menyebabkan tidak nyaman saat digunakan. Berikut kami infokan tips merawat sepeda secara umum, agar performa sepeda Anda tetap terjaga, Check this out!

1. Cucilah Sepeda Anda Secara Rutin


Sebelum mencuci sepeda, lepaskan dahulu semua aksesoris yang melekat di handle bar, seperti: lampu, bel, spidometer dan lain-lain. Apabila sepeda Anda menggunakan V brakes maka lepas kabel penghubungnya dengan menekan kedua sisi calipers-nya.
2. Bersihkan Rantai
Gunakan lap basah yang sudah diberi sabun lalu putarkan pedal, dengan posisi kain lap menempel ke rantai hingga kotoran pada rantai rontok.
3. Bersihkan Gir Sepeda, Pedal Sepeda, Dan Bagian Penggerak Sepeda Lainnya
Bersihkan dengan menggunakan sikat dan air sabun, sikat bagian tersembunyi secara merata sampai oli dan kotoran lainnya hilang dan rontok.
4. Bersihkan Bagian Bawah Dan Belakang Frame
Pergunakan air sabun dengan kain lap yang lembut untuk membersihkan bagian bawah frame, jangan lupa untuk lap secara merata keseluruhan bagian frame, stang depan, frame belakang dan frame depan. Bersihkan juga bagian penarik rem sepeda dan bagian kabel pemindah gigi sepeda.
5. Membersihkan Roda Sepeda
Lepaskan kedua roda dari sepeda, kemudian bersihkan bagian roda depan dan roda belakang, khususnya pada bagian jari-jari &cakram pada roda sepeda. Pergunakan kain lap lembut dan air sabun. Gunakan cairan khusus untuk menghilangkan kotoran yang susah dibersihkan.
6. Cek Roda Sepeda
Saat Anda akan memasang kembali roda sepeda, pastikan klip pengencang roda sudah terpasang dengan baik dan benar. Untuk memasang roda belakang, lakukan dengan hati-hati saat memasukkan gir belakang diantara mata rantai, kemudian tekan ke bawah hingga dapat masuk pada roda belakang dengan baik. Cek putaran roda depan dan belakang, jika masih goyang mungkin jari-jari roda sepeda perlu di stel ulang (service). Bila Anda tidak dapat meperbaikinya sendiri, bawa sepeda ke bengkel agar jari- jari roda di stel ulang.
7. Kontrol System Pengereman Sepeda
Cek rem dengan baik dan teliti, bila sudah aus atau tidak bisa mengerem dengan baik segera ganti kampas remnya. Cek juga minyak rem dan setelan kabel.
8. Beri Minyak Pelumas
Jangan gunakan oli bekas saat akan melumasi rantai sepeda, sebab tidak baik untuk umur rantai sepeda dan juga bagian lainnya. Gunakan minyak pelumas khusus rantai. Beri minyak pelumas pada rantai sepeda, sistem penggerak roda, dan semua bagian pada sepeda yang bergerak.
9. Kontrol Tekanan Ban Sepeda
Penting untuk Anda selalu mengecek tekanan ban sepeda sebelum di pakai, sebab bila tekanan ban rendah dapat mengakibatkan ban terlipat atau tertusuk benda tajam yang mengakibatkan ban sepeda bocor. Cek tekanan ban dibengkel khusus sepeda.
10. Gunakan Pelapis Body
Melapisi body sepeda Anda merupakan salah satu cara untuk merawat cat sepeda agar lebih mengkilat dan awet. Pada tahap ini tergantung situasi dan kondisi artinya jika tidak dilakukan pun tidak apa-apa.
11. Semir Ban Sepeda Anda
Apabila sepeda telah dicuci bersih, jika Anda ingin ban sepeda terlihat seperti baru lagi maka Anda bisa menggunakan semir ban sepeda motor untuk menyemir ban sepeda Anda.
Semoga Bermanfa'at Guys !!!

No comments:

Post a Comment